Seleksi Mandiri: Jalur Alternatif Masuk PTN

Halo-halo, ketemu lagi dengan gue, Ari "Patrick" :3 Sebagai bahan persiapan SNMPTN, gue udah nulis tentang Informasi Penting SNMPTN 2016 dan Strategi Memaksimalkan Peluang di SNMPTN. So, setelah baca kedua tulisan tersebut, sekarang lo udah pada daftar SNMPTN belum? atau masih pada galau? :p Ya gpp kok kalo masih bingung, take your time. Tapi perlu diinget, jangan daftar di akhir di akhir-akhir periode pendaftaran ya, karena nanti akan rame banget dan websitenya takutnya jadi down. Nah ngomong-ngomong soal pendaftaran SNMPTN, lo tau gak sih kuota SNMPTN 2016 ini akan dikurangi menjadi 40%? Selain itu peserta SNMPTN yang dibatasi sesuai dengan akreditasi sekolah membuat peluang diterima di jalur ini menjadi lebih ketat.

Anak-anak yang ga bisa daftar dan yang ditolak SNMPTN sebagian besar akan berbondong-bondong untuk ikut SBMPTN. Terus apa yang terjadi di SBMPTN? Dengan kuota yang tetap 30% tentu akan terjadi persaingan berat pula. Belum lagi ditambah para alumni-alumni SMA yang menyimpan dendam kesumat karena gagal dapat PTN tahun lalu dan berencana ngulang untuk ikut SBMPTN tahun ini. Maka jadilah, persaingan di SBMPTN ga kalah ketat, atau bahkan bisa jadi lebih ketat.

"Wah ngeri banget! jadi takut nih zen.. :("

Sebenernya ini bukan buat nakut-nakutin ya. Tapi kalo lo takut, sini peluk kakak dulu. Tujuannya cuma mengingatkan kalo persaingan mendapatkan PTN itu ga main-main. Perlu usaha dan kerja keras lebih terutama buat lo yang mengincar jurusan atau PTN favorit. Selain itu, dengan mengetahui tingkat persaingan SNMPTN dan SBMPTN yang seperti gue jelasin di atas, lo sebaiknya punya planning apabila gagal di kedua jalur tersebut. Eits! ini bukan ngajarin lo biar jadi orang pesimis ya, tapi agar bagaimana lo bisa pandai menyiasati risiko dengan baik.

Selain SNMPTN dan jalur SBMPTN, terdapat juga satu jalur penerimaan lagi yaitu Seleksi Mandiri PTN atau biasa disebut juga Ujian Mandiri. Dengan penambahan kuota Jalur Mandiri menjadi 30%, maka sebaiknya lo lebih menganggap serius jalur ini dan mulai mempersiapkannya juga jauh-jauh hari. Sebagaimana pernah dibahas sama Glenn di artikel 5 kesalahan umum yang bisa bikin lo gagal masuk universitas, jangan pernah hanya mengandalkan 1-2 jalur untuk bisa kuliah. Manfaatkanlah segala ruang dan kesempatan yang ada, karena memang persaingan di setiap jalur juga tidak mudah.

"Dengan penambahan kuota Jalur Mandiri menjadi 30%, maka sebaiknya lo lebih menganggap serius jalur ini dan mulai mempersiapkannya juga jauh-jauh hari"

Nah, untuk jalur alternatif selain SBMPTN maupun SNMPTN, di artikel ini gua mau bahas tentang Seleksi Mandiri atau Ujian Mandiri masuk PTN. Seleksi Mandiri PTN merupakan penerimaan mahasiswa baru di suatu PTN yang diadakan dan dikelola sendiri oleh perguruan tinggi tersebut. Jadi misal Universitas Negeri Malang (UM) atau Universitas Indonesia (UI) nih ngadain penerimaan khusus UM sendiri (di luar jalur nasional dan SBMPTN) maka itulah yang gua maksud dengan jalur Seleksi Mandiri PTN. Okay?

Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program S1

Dalam Permenristek Dikti Nomor 2 Tahun 2015, Penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada PTN tahun 2015 terdiri dari Seleksi Nasional (SNMPTN), Seleksi Mandiri Bersama (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri PTN. SBMPTN dan Seleksi Mandiri PTN tergabung dalam 1 kategori yaitu Seleksi Mandiri, bedanya SBMPTN dikelola secara terpusat untuk semua PTN, sedangkan Seleksi Mandiri PTN dikelola oleh masing-masing PTN yang menyelenggarakan, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Jenis-jenis Seleksi Mandiri PTN

Karena dikelola sendiri oleh masing-masing PTN, maka ragam seleksi mandiri S1 PTN berbeda-beda. Beberapa mekanisme Seleksi Mandiri PTN yaitu:

  1. Ujian Mandiri/Tulis: Merupakan mekanisme Seleksi Mandiri S1 PTN dengan mengadakan ujian / tes. PTN yang memakai mekanisme seleksi ini antara lain: UI (SIMAK UI), UNAIR, UNDIP, UGM (UTUL), UB (SPMK), IPB (UTMI), UMB PT, UPI, dll.
  2. Seleksi Raport / PMDK: Merupakan mekanisme Seleksi Mandiri S1 PTN dengan melakukan seleksi raport / prestasi. PTN yang memakai mekanisme seleksi ini antara lain: UGM (PBUTM)
  3. Seleksi Melalui Nilai SBMPTN: Merupakan mekanisme Seleksi Mandiri S1 PTN dengan melihat nilai SBMPTN siswa. Jadi PTN tidak mengadakan tes, tetapi cukup melihat hasil SBMPTN calon mahasiswa untuk kemudian dirangking. Jadi pendaftar harus ikut SBMPTN sebelumnya. PTN yang tahun 2014 memakai mekanisme ini antara lain: ITS, UNHAS, UNS

Jadi, sebagian besar PTN memakai mekanisme Ujian Mandiri dalam Seleksi Mandirinya.

Apabila digambarkan dalam bentuk bagan, maka pembagian jalur Penerimaan Maba PTN seperti ini:

Dari bagan di atas udah tau kan bedanya SNMPTN dan PMDK? Ya meskipun sama-sama seleksi raport / prestasi, namun bila lo liat di bagan, posisinya udah beda, berarti jalur seleksinya juga beda.

Di samping itu, ada juga beberapa PTN yang memilih untuk tidak membuka jalur Seleksi Mandiri PTN, dan hanya menerima mahasiswa dari 2 jalur saja, yaitu SNMPTN dan SBMPTN. PTN yang tidak mengadakan Seleksi Mandiri PTN antara lain: ITB, UNPAD dan UNAND.

 

Informasi Penting Seputar Ujian Mandiri/Tulis di Beberapa PTN di Indonesia

Nah, karena nanti pasti banyak banget yang butuh dan nanyain, terutama untuk tipe soal dan tanggal pelaksanaan. jadi berikut ini gue jelasin secara singkat aja tentang beberapa ujian mandiri PTN di Indonesia.

1. SIMAK UI

Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) merupakan jalur seleksi masuk UI untuk menyaring mahasiswa baru S1 Reguler, S1 Paralel, S1 Kelas Khusus Internasional dan Vokasi. SIMAK UI 2016 rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2016.

Materi Ujian SIMAK UI S1 Reguler, S1 Paralel dan Vokasi (D3) terdiri dari:

  • Kemampuan Dasar (KD): Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
  • Kemampuan IPA (KA): Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi, dan IPA Terpadu
  • Kemampuan IPS (KS): Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan IPS Terpadu.

Info lebih lanjut tentang SIMAK UI bisa dilihat disini >> http://simak.ui.ac.id

Tips SIMAK UI dan pembahasan soal-soal tahun sebelumnya bisa lo download disini >> https://www.zenius.net/blog/1421/simak-ui

2. UTUL UGM

Ujian Tulis Universitas Gadjah Mada (UTUL UGM) merupakan jalur seleksi masuk UGM yang bertujuan untuk menyaring mahasiswa baru program sarjana UGM.

UTUL UGM 2015 lalu dilaksanakan pada 14 Juni 2015 di Yogyakarta, Jakarta, Pekanbaru, dan Balikpapan, sedangkan untuk jadwal UTUL 2016 saat ini belum ada informasi. Biasanya sih dalam beberapa tahun terakhir, UTUL UGM selalu bareng ama SIMAK UI. Jadi ya bagi yang minat keduanya, lo dipaksa memilih salah satu diantaranya.

Materi tes UTUL UGM meliputi kemampuan potensi akademik, kemampuan dasar, tes kemampuan sosial humaniora dan atau kemampuan sains teknologi.

Info lebih lanjut tentang UM UGM bisa dilihat disini >> http://um.ugm.ac.id/v.2015/id_home.php?d=depan

3. UM UNAIR

Ujian Mandiri Universitas Airlangga (UM UNAIR) merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru UNAIR yang diselenggarakan secara mandiri yang diperuntukkan bagi lulusan SLTA (SMA, SMK, MA dan Ujian Persamaan) tahun 2013, 2014, dan 2015.

Pendaftaran UM UNAIR 2015 lalu dilaksanakan pada tanggal 9 Juni s.d. 6 Juli 2015, sementara itu pelaksanaan ujian akan diselenggarakan pada tanggal 12 Juli 2015. Materi Seleksi-nya mencakup:

  1. TES POTENSI AKADEMIK : Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik, Kemampuan Penalaran
  2. TES PRESTASI AKADEMIK :
  • Kelompok Ujian IPA: Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Bahasa Inggris
  • Kelompok Ujian IPS: Matematika, Sosiologi & Antopologi, Tata Negara, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Bahasa Inggris
  • Kelompok Ujian IPC: Materi ujian kelompok IPC adalah gabungan dari materi Kelompok Ujian IPA dan IPS

Info lebih lanjut tentang UM UNAIR bisa dilihat disini >> http://ppmb.unair.ac.id/web/site/mandiri

4. UM UNDIP

Ujian Mandiri Universitas Diponegoro (UNDIP) merupakan jalur seleksi masuk untuk berbagai program perkuliahan di UNDIP. Untuk program S1, pendaftaran akan dilaksanakan pada tanggal 27 April s.d. 22 Mei 2016, sedangkan tesnya akan dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2016. Tanggal UM UNDIP ini bersamaan dengan SIMAK UI.

Materi Ujian Mandiri adalah sebagai berikut:

  • SAINTEK (IPA) : Matematika Dasar, Biologi, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia
  • SOSHUM (IPS): Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Sejarah-Sosiologi-Ekonomi-Georgrafi, Bahasa Inggris, Kewarganegaraan
  • Campuran: Gabungan antara Saintek dan Soshum

Info lebih lanjut tentang UM UNDIP bisa dilihat disini >> http://um.undip.ac.id/

5. UMB PT

Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB PT) merupakan Ujian Mandiri yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh beberapa Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta. Jadi secara pengertian mirip SBMPTN namun PTN yang mengikuti UMB PT lebih sedikit. Jika SBMPTN diikuti oleh sekitar 65 PTN, UMB PT diikuti oleh 15 PTN. Saat ini pendaftaran UMB PT 2016 belum diumumkan jadwalnya, sebagai gambaran, UMB PT tahun 2015 dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2015, jadi UMB PT ini termasuk seleksi PTN paling akhir.

Daftar PTN yang mengikuti UMB PT 2015 lalu: Universitas Malikussaleh (UNIMAL) Lhokseumawe, Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) Banda Aceh, Universitas Teuku Umar Meulaboh, Universitas Negeri Medan (UNIMED) Medan, Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, ISI Padangpanjang, Universitas Jambi (UNJA) Jambi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Banten, Universitas Terbuka (UT) Jakarta, Universitas Udayana (UNUD), Universitas Palangka Raya, Universitas Borneo (UB) Tarakan

Materi Ujian terdiri dari:

  • Soal Penalaran Matermatika dan Bahasa terdiri dari: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
  • Soal Penalaran Sains terdiri dari : Matematika Sains, Fisika, Kimia, Biologi
  • Soal Penalaran Ilmu Sosial terdiri dari : Ekonomi, Sejarah dan Geografi

Untuk keterangan lebih lanjut atau keterangan seleksi mandiri PTN lain, langsung aja kepoin website PTN masing-masing ya. Kalo dijelasin semua, akan panjang banget artikelnya.

Info lebih lanjut tentang UMB PT bisa dilihat disini >> http://penerimaan.spmb.or.id/welcome

Apakah Seleksi Mandiri PTN selalu mahal?

Banyak anak yang skeptis apabila mendapat tawaran untuk mengikuti Seleksi Mandiri PTN. “Ngga ah bro! ane ga ada duit”. Biasanya sih gitu. Tapi tunggu dulu deh, apakah semua jalur mandiri selalu mahal? Ternyata enggak kok. Ada banyak PTN yang memberlakukan perlakuan biaya kuliah yang sama bagi yang diterima di semua jalur penerimaan, misalnya di SIMAK UI (S1 Reguler), UTMI IPB, atau UNNES, dll.

Tapi, memang ada juga beberapa PTN yang memberlakukan mahasiswa yang diterima melalui Seleksi Mandiri PTN itu lebih mahal bila dibanding dengan jalur SNMPTN atau SBMPTN. Di beberapa PTN tersebut, bagi yang diterima melalui Seleksi Mandiri PTN, langsung di plot di UKT (Uang Kuliah Tunggal) tinggi. Sehingga, pilihan biaya nya menjadi lebih sedikit. Jadi rajin-rajin cek dulu di website masing-masing PTN sebelum kamu memutuskan daftar di Seleksi Mandiri PTN yang kamu inginkan ya Kecuali biaya emang ga jadi persoalan, itu lain lagi ya

****

Okay deh, itulah sedikit pembahasan dari gua tentang seleksi mandiri PTN. Semoga bisa bermanfaat buat lo semua dan bisa jadi jalur alternatif selain SNMPTN dan SBMPTN buat masuk ke jenjang kuliah. Good Luck buat semuanya!

Sumber : https://www.zenius.net/blog/7018/seleksi-ujian-mandiri-ptn

Share this

Nama saya Ivqon, tepatnya Ivqonnada Al Mufarrih. Udah gitu doank.

Related Posts

Previous
Next Post »